Membuat Ekspresi Lebih Atraktif

Standard

Ekspresi adalah salah satu elemen penting dalam kartun yang menjadikan tokoh rekaan kita menjadi hidup dan memiliki emosi, sehingga pesan/informasi yang ingin kita sampaikan melalui kartun dapat ditangkap penikmat kartun dan menimbulkan empaty secara langsung entah itu perasaan senang, sedih, marah, bingung, lucu…dsb.

Contoh ekspresi senang dan marah pada kartun sederhana :

Gambar 1

Ekspresi tokoh terlihat datar dengan sudut pengambilan gambar dari depan.

Gambar 2

Ekspresi tokoh terlihat lebih dinamis dengan penggambaran secara perspektif, tokoh terlihat lebih bervolume (memiliki isi).

Gambar 3

Tokoh terlihat “lebih” ekspesif dengan sedikit menambah perlakuan kita pada bibir tokoh.

Gambar 4

Tokoh terlihat sangat ekspresif dengan menambah perlakuan kita pada mata, alis dan bibir serta menambahkan elemen penunjang ekspresi yang terkadang hiperbolis/berlebihan, tetapi cara ini mempercepat penyampaian emosi pada penikmat kartun.

Jadi elemen penting dalam untuk menciptakan ekspresi pada tokoh kartun kita adalah :

1. Mata

Meliputi arah bola mata, kelopak mata, bulu mata…bagian ini adalah yang terpenting dalam mengekspresikan emosi, ingat…pepatah mengatakan “mata adalah jendela hati”.

2. Alis

Gerak alis dapat memiliki banyak arti…marah, senang, berpikir, menggoda, jahat,…hati2 saat membuat alis, salah arah kemiringan bisa berakibat ekspresi yang berlawanan…maunya bikin ekspresi marah eh jadinya malah ekspresi menyesal…he he

3. Bibir

Bentuk dan gerak bibir, senyum, tertawa, cemberut, manyun,…harus berbeda dan pasti berbeda! pelajari ekspresi bibir baik2…

4. Gestur/gerak tubuh

Yang cuek melipat tangan tanda tak peduli, yang takut menutup muka dengan telapak tangan, yang marah mengepal tangan, yang kaget meloncat dan rambutnya berdiri…he he he, ingat harus hiperbolis/berlebihan…karena itulah intinya kartun, menyampaikan emosi secara berlebihan, langsung menusuk ke saraf emosi penikmat kartun dan menularkan virus emosi yang dimiliki tokoh rekaan kita.

5. Asesoris ekspresi

Ini adalah elemen tambahan untuk lebih mempercepat penyampaian informasi pada penikmat kartun, kartun yang baik adalah kartun tanpa tulisan yang menjelaskan apa yang terjadi (kecuali kata2 percakapan), kartun yang baik adalah kartun yang berbicara dalam bahasa gambar/simbol tanpa label yang sifatnya informasi tentang tokoh…misalnya “lagi marah” atau “kekenyangan”…sampaikan kata marah dan kekenyangan itu dalam bahasa gambar!

Jika ingin mempelajari mimik kartun untuk ekspresi, coba lihat komik SMURF, dengan sekian banyak tokoh yang bentuk dan warnanya sama tetapi memiliki karakter dan ekspresi yang berbeda2…selamat smurf kartun.

http://maringartun.blogspot.com/search/label/TIPS%20NGARTUN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s